Social Icons

Pages

Kamis, 15 November 2012

asal mula perhitungan tahun hijriah

temen,,,temen tau ndak asal usul dari penanggalan tahun hijriah ? 
berikut ini saya share sedikit mengenai asal-asul dari penanggalan tahun hijriah. stay on site.. 

penanggalan tahun hijriah atau tahun islam.. dahulu di mulai dari kebingungan sahabat nabi Muhammad SAW, Khaliffah Umar bin khattab yang mana beliau mendapatkan surat yang tidak ada tanggalnya. di sinilah beliau berpikir perlu nya ada penanggalan. maka tak lama kemudia umar bin khattab mengumpulkan para sahabat-sahabat nya untuk membicarakan mengenai penanggalan ini.. dari perundingan maka banyak masuk pendapat-pendapat tentang di mulainya perhitungan tahun. ada yang mengatakan dari kelahiran nabi Muhammad SAW, dari diangkatnya nabi Muhammad menjadi nabi, dari hijrah nya nabi muhammad hingga dari wafatnya nabi Muhammad. 

dan keputusan dari musyawarah pun di dapat bahwa tahun islam penanggalannnya di mulai dari hijrahnya nabi muhammad dari mekah ke madinah.. karena para sahabat meyakini bahwa peristiwa hijarahnya nabi Muhammad dari mekah ke madinah merupakan peristiwa penting bagi umat islam.

perhitungan tahun hijriah  berdasarkan dari peredaran bulan. berbeda dengan kalender masehi yang berasal dari peredaran matahari. dan di perolah dalam setahun ada 354 hari untuk tahun nono kabisat dan 355 hari untuk tahun kabisat.

adapun, nama-nama bulan dalam tahun hijriah adalah : muharam, shafar, rabi'ul awal, rabi'ul akhir, jumadil awal, jumadil akhir, rajab, sya'ban, ramadhan, syawal, dzulqa'dah,dzulhijjah.

oh ya,, karena masih dalam suasana tahun baru islam.. selamat tahun baru islam 1434 H.. semoga di tahun ini kita semua selalu dalam perlindungan dan kasih sayang ALLAH SWT. amin.. :D :D :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

tentang saya

Foto saya
samarinda, kalimantan timur, Indonesia

Followers